Apakah Pramugari Harus Perawan ?

Tes Kesehatan Pramugari – Merupakan salah satu dari Tahapan Tes Seleksi Pramugari. Sebenarnya untuk bisa menjadi pramugari tidaklah mudah, tetapi juga tidak terlalu sulit juga. Mengapa bisa di bilang susah ? Karena kalian harus memenuhi persyaratan pramugari terlebih dahulu. Selain itu ada tahapan tes seleksi yang harus di lakuakan. Dari tahapan tes tersebut, muncul pertanyaan yang cukup membuat resah para wanita. yaitu ” Apakah Tes Kesehatan, Ada Tes Keperawanan ? “. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, admin akan membahas mengenai pertanyaan tersebut. Simak terus Apa itu Tes Kesehatan Pramugari ? Adakah Tes Keperawanan ?.

 

Apakah Pramugari Harus Perawan ?

Apakah Pramugari Harus Perawan ?

Pembahasan tentang keperawanan masih merupakan hal yang tabu di Indonesia, begitu juga tentunya dengan tes keperawanan. Bahkan tes keperawanan dapat dikatakan sebagai hal kontroversial hampir di seluruh negara di dunia. Bagaimanakah sebenarnya tes keperawanan dalam medis? Simak ulasannya dalam artikel ini!

Apa Itu Tes Keperawanan?

Tes keperawanan sering juga disebut dengan pemeriksaan selaput dara (himen) atau pemeriksaan per vaginal. Keperawanan diartikan sebagai kondisi di mana wanita belum pernah melakukan hubungan seksual penis-vagina intercourse.

Tes keperawanan merupakan pemeriksaan alat kelamin wanita yang dilakukan untuk menentukan apakah seorang wanita telah melakukan hubungan seks intercourse tersebut. Tes ini dilakukan dengan cara memeriksakan kondisi selaput dara atau himen.

Namun, benarkah himen dapat menjadi penentu keperawanan seseorang atau tidak?

Apa Itu Himen atau Selaput Dara?

Selaput dara atau himen merupakan lipatan tipis dari jaringan lendir yang terletak 1-2 cm dari lubang vagina. Himen mengelilingi atau bahkan menutupi pembukaan vagina sepenuhnya. Himen biasanya berwarna merah muda, tapi dapat juga terlihat berwarna keputihan.

Himen biasanya akan menebal dan bertambah lebar ketika seorang perempuan memasuki masa pubertas dan mulai memproduksi hormon estrogen. Selaput dara pada setiap wanita dapat memiliki bentuk yang berbeda-beda. Keberadaan himen pada tubuh wanita ini tidak memiliki fungsi yang spesifik.

Himen yang masih utuh dianggap sebagai tanda wanita masih perawan. Namun pada dasarnya pemeriksaan ini tidak memiliki manfaat secara ilmiah atau indikasi klinis. Kondisi selaput dara juga tidak dapat menjadi patokan apakah seseorang telah melakukan hubungan seksual penis-vagina intercourse atau belum.

 

Robekan pada himen tidak selalu diakibatkan oleh hubungan seksual intercourse. Robekan ini juga dapat terjadi ketika melakukan olahraga seperti bersepeda, menunggang kuda, atau senam. Selain itu, beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan selaput dara sobek adalah seperti penggunaan tampon, penggunaan spekulum pada pemeriksaan ginekologis, penyisipan jari, dan masturbasi.

Di sisi lain, pendarahan yang terjadi pada saat melakukan seksual intercourse juga tidak selalu menandakan robeknya himen, tapi dapat juga disebabkan oleh faktor lainnya.

Selain kondisi di atas yang dapat menyebabkan selaput dara sobek. Perlu diketahui juga, meskipun jarang, namun terdapat juga perempuan yang dilahirkan tanpa selaput dara.

Seseorang juga dapat mendapatkan himen kembali meskipun sudah kehilangan himen. Terdapat prosedur operasi untuk merekonstruksi himen dan juga pemasangan himen buatan.

Jadi, dapat dikatakan bahwa pernah atau tidaknya seseorang melakukan hubungan seksual intercourse tidak dapat diukur dengan keutuhan himen.

Apa itu Tes Kesehatan ?

Pramugari Tes Keperawanan

Pramugari Tes Keperawanan

Tes Medex atau Tes Kesehatan Pramugari merupakan tes terakhir dari tahapan tes seleksi pramugari. Tes kesehatan ini wajib dilalui oleh seorang calon pramugari. Tes medex atau tes kesehatan pramugari dilakukan sebagai standar kesehatan yang harus dipenuhi oleh kandidat pramugari. Dengan begitu dapat dilihat apakah kandidat tersebut memiliki kesehatan yang baik & mampu bertahan ketika dalam penerbangan. Hal tersebut demi keamanan dan keselamatan penumpang ketika dalam penerbangan pesawat yang ditumpaginya. Dengan kesehatan yang baik maka suatu penerbangan dapat berjalan baik dan lancar.

Pentingkah Tes Kesehatan Pramugari ?

Pramugari merupakan awak kabin atau cabin crew yang bertugas menjaga kenyamanan, keamanan dan keselamatan penumpang selama penerbangan. Profesi pramugari jelas pekerjaan yang memiliki resiko yang cukup tinggi, kesehatan prima amat sangat dibutuhkan supaya tugas yang dijalankan bisa maksimal. Akan sangat berbahaya dan bisa mengganggu kelancaran suatu penerbangan apabila tiba-tiba pramugari drop kala tengah bertugas.

Karena hal itu setiap maskapai penerbangan selalu memberi persyaratan ‘sehat jasmani & rohani’ dan hal tersebut harus dibuktikan dengan surat dokter. Tujuannya adalah supaya maskapai menerima pramugari yang memiliki kesehatan yang baik dan tidak mengganggu kelancaran penerbangan nantinya. Karena itulah selain surat keterangan sehat, diadakan pula tes medex/ Tes Kesehatan Pramugari.

Tahapan Tes Kesehatan Pramugari

Dalam tes kesehatan pramugari, ada beberapa tahapan yang harus di lalui. di antaranya sebagai berkut :

  • Tes Fisik
  • Tes mata
  • Kesehatan jantung/ECG
  • Pemeriksaan lab rontgen (paru-paru), dan pernapasan atau spirometri.
  • Tes urine
  • Pemeriksaan gigi
  • Audiometri

Dari sekian banyaknya tes tersebut akan didapatkan beberapa hasil tes kesehatan berupa kondisi mata, jantung, ginjal, darah dan masih banyak lagi. Oleh karena itu tes ini sangat penting untuk para calon pramugari. lalu seperti apa tahapan Tes Kesehatan Pramugari ? Simak terus Apa itu Tes Kesehatan Pramugari ? Adakah Tes Keperawanan ?

Tes Kesehatan Pramugari

Tes Fisik

Pada tes fisik pada perusahaan seperti pabrik jepang pasti ada tes fisik berupa sit up, push up dan lari dengan jarak yang cukup jauh. Namun pada tes pramugari tidak ada tes yang seperti itu. Tes fisik yang ada pada tes fisik pramugari adalah keseimbangan badan atau berdiri bangau.

Tes Kesehatan Mata

Hampir semua perusahaan mengharuskan karyawannya mempunyai kesehatan mata yang baik, khususnya untuk pramugari. Tes kesehatan mata adalah tes penglihatan yang meliputi tes buta warna, pergerakkan mata dan tes jarak pandang mata.

Tes Kesehatan Jantung

Sebagai seorang pramugari harus memiliki kesehatan jantung yang baik. Tidak hanya pramugari saja, melainkan semua pekerjaan juga harus memperhatikan masalah kesehatan ini. Kita semua tahu bahwa penyakit jantung adalah penyakit yang serius.

Untuk memastikannya, maka dilakukantes ECG, ECG atau Elektrokardiogram adalah langkah untuk mengevaluasi keadaan jantung. Dengan tes ECG tersebut nantinya dapat terlihat apakah ada kelainan jantung melalui denyut jantung.

Pemeriksaan Paru – Paru dan Pernafasan

Pramugari harus memiliki paru-paru yang sehat, cara mengetesnya adalah dengan spirometri. Spirometri adalah tes yang menggunakan alat spirometer dan cara kerjanya dengan menarik nafas sedalam mungkin dan menghembuskan nafas dengan cepat.

Tes Urine

Tes urine bertujuan untuk meneliti seperti apa saja kandungan yang ada pada air kencing apakah normal atau tidak. Seperti adanya pH(kandungan asam), kristal, glukosa(gula) ataupun hal lain yang ada pada urine. Tes urine dapat juga untuk memeriksa jenis obat-obatan yang telah dikonsumsi dan dapat untuk memeriksa kehamilan.

Pemeriksaan Gigi

Dalam perekrutan pramugari, diwajibkan untuk memiliki gigi yang sehat. Apabila kamu mempunyai gigi berlubang, lebih baik kamu segera menambalnya. Karena gigi yang berlubang dapat sewaktu-waktu menyebabkan timbulnya sakit gigi dan akan sangat mengganggu jika sakit gigi kamu kambuh ketika bertugas mengudara.

Pemeriksaan Pendengaran/Audiometri

Pramugari juga diharuskan memiliki pendengaran yang baik. Karena ketika bertugas nanti kamu akan berkomunikasi dengan banyak orang yang belum kamu kenal. Selain itu pendengaran yang baik akan menghindarkan kamu dari mis-komunikasi dengan komando atau arahan yang diberikan kapten.

Pramugari Tes Keperawanan

Nah itu tadi penjelasan dari setiap tahapan Tes Kesehatan Pramugari. Lalu, apakah ada Tes Keperawanan ? Dalam Tes Kesehatan Pramugari, TIDAK ADA yang namanya Tes Keperawanan. Jadi Kalian sudah pahamkan, kalau dalam setiap tes pramugari TIDAK ADA YANG NAMANYA TES KEPERAWANAN. Jadi kalian tidak perlu khawatir.

Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri untuk menjadi pramugari profesional, alangkah baiknya mengikuti pendidikan pramugari terlebih dahulu di Sekolah Penerbangan. Karena di Sekolah Penerbangan akan diajarkan banyak ilmu kepramugarian dan wawasan penerbangan yang sangat lengkap! Berikut Info Sekolah Penerbangan Terbaik.

Info Sekolah Penerbangan Terbaik

Pramugari Tes Keperawanan

Pramugari Tes Keperawanan

FAAST Penerbangan merupakan lembaga pendidikan Pramugari/a dan Staff Airline terbaik di indonesia. FAAST Penerbangan hadir sebagai tempat pendidikan dan pelatihan pramugari terbaik. FAAST Penerbangan terbukti unggul dengan Metode pelatihannya yang singkat namun profesional dan di dukung dengan fasilitas yang modern. Selain itu Biaya pendidikan di FAAST penerbangan terbilang sangat murah di banding dengan sekolah penerbangan lainnya.

FAAST Penerbangan juga siap dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan lulusan dengan kualitas SDM yang terbaik dan sesuai dengan kriteria perusahaan. Sehingga dengan begitu semua lulusan di harap akan lebih mudah untuk di terima di perusahaan maskapi penerbangan yang di inginkan. serta dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri penerbangan di indonesia.

Cara Pendaftaran Sekolah Penerbangan Terbaik

Pramugari Tes Keperawanan

Pramugari Tes Keperawanan

Saat ini FAAST Penerbangan sedang membuka pendaftaran siswa baru. FAAST Penerbangan memberikan 2 program pendidikan. diantaranya yaitu Pramugari/a dan Staff Airline. Perlu di ketahui juga, Quota pendaftaran di FAAST Penerbangan terbatas. Jadi jika memang berniat menjadi pramugari, Segera daftarakan dirimu di FAAST Penerbangan. Cara pendaftarannya sangat mudah. Berikut cara pendaftaran FAAST Penerbangan :

Baca Juga : Profil Sekolah FAAST PENERBANGAN

Pendaftaran online

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran KLIK DISINI
  2. Setelah selesai mengisi formulir siapkan uang Rp.250.000,-untuk biaya Pendaftaran
  3. Pembayaran hanya dilakaukan melalui transfer ke nomor rekening resmi FAAST Penerbangan BANK BRI 02-470-100-1568-304 an FAAST Penerbangan.”FAAST penerbangan tidak bertangung jawab terhadap segala resiko yang timbul bila anda melakuakan pembayaran diluar nomor rekening tersebut”
  4. Setelah selesai tes online yaitu tes interview. Tes interview juga bisa di lakukan melalui by phone, tidak harus datang ke kampus.
  5. Setelah selesai tes online handa harus menunggu hasilnya yang akan di kirim melalui email.
  6. Apabila Anda dinyatakan LULUS maka anda bisa lanjut ke Daftar ulang.

Pendaftaran Offline

untuk pendaftaran langsung kalian hanya perlu menyiapkan berkas pendaftaran dan uang pendaftaran sebesar Rp. 250.000. Kemudian bisa langsung melakukan pendaftaran di kampus FAAST penerbangan yang ada di jogja. di kampus FAAST kalain akan mengisi formulir pendaftaran. sekaligus melakukan tes seleksi. dan hasilnya akan langsung di berikan pada saat itu juga.

Mungkin cukup sekian info dari admin mengenai Apakah Pramugari Harus Perawan ? Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua. Untuk info lebih lanjut mengenai pendaftaran FAAST Penerbangan bisa langsung kontak ke Kak DESTA 0822-2000-7377 (WA).

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. […] Baca Juga : Apakah Menjadi Pramugari Harus Perawan ? […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *